Publikasi Dua Mata Pisau Infotainment

Anda pasti sudah tahu apa itu infotainment. Infotainment merupakan informasi media berbasis konten atau program yang juga mencakup konten hiburan dalam upaya untuk meningkatkan popularitas dengan penonton dan konsumen (Wikipedia).


Saat ini di Indonesia, hampir setiap stasiun televisi swasta memiliki program ini. Tayangan yang disajikan biasanya seputar kejadian-kejadian yang sedang hangat diperbincangkan mulai dari kehidupan seleb mulai dari luar hingga ke hal-hal pribadi seperti pernikahan selebritis, perceraian selebritis, konflik rumah tangga selebritis, hingga membahas artis dadakan yang terkenal melalui media internet, seperti youtube.


Artis dadakan "jebolan" youtube ini selalu hangat di perbincangkan disetiap infotainment. Tak tanggung-tanggung, untuk membahas sebuah topik menyangkut orang-orang yang mendadak terkenal di youtube ini menghabiskan waktu berminggu-minggu.


Untuk membahas satu orang mendadak terkenal bisa berminggu-minggu, tak heran popularitas subjek yang dibahas semakin menanjak. Bahkan bisa kaya mendadak, karena mendapatkan banyak tawaran perkerjaan di dunia hiburan.


Masih ingatkah anda dengan Udin Sedunia? Ya anda benar, dia adalah salah satu orang yang beruntung terkenal melalui youtube dan dibahas hampir sebulan di setiap infotainment. Lalu kemanakah dia sekarang? apakah popularitas itu bisa bertahan dalam waktu yang lama? kenapa di tv sekarang tidak kelihatan lagi?


Beruntung popularitas tidak menimbulkan masalah bagi Udin Sedunia ini, lain halnya dengan Briptu Norman Kamaru yang juga mendadak terkenal dari youtube dan dibahas secara intensif selama lebih dari sebulan di setiap infotainmen. Tak tanggung-tanggung ketenaran Briptu Norman menarik perhatian pajabat tinggi. Tidak hanya sampai disana saja, banyaknya undangan acara membuat Bript Norman membuatnya jatuh sakit.


Tawaran pekerjaan akibat poplaritas yang sangat menanjak membuat norman kamaru ditawari kontrak dengan produser untuk jadi penyanyi yang konon katanya kontrak tersebut bernilai miliaran rupiah. Tawaran ini tentu saja sangat menggiurkan, sehinggan membuat Briptu Norman Kamaru menjadi goyah untuk bertahan sebagai anggota kepolisian. Ini tentu saja manjadi bagian lain "sisi pisau" dari popularitas akibat infotainment. Sisi pertama tentu saja menguntungkan bagi pihak yang mendapatkan popularitas namun disisi lain juga menimbulakan masalah tersendiri baginya. Seandainya Briptu Norman memmutuskan keluar dari kepolisian maka dia di haruskan untuk mengembalikan biaya pendidikannya dikepolisian (Ini juga menurut infotainmen loh)


Popularitas mereka tampaknya hanya bertahan sementara. Dulu, saat mereka masih santer di bahas di Infoteinmen maka setiap hari wajah mereka akan muncul di tv. Sekarang kemana mereka? kenapa di tv sudah tidak ada lagi?


Apakah publikasi ini sebuah popularitas nyata atau hanya popularitas semu yang hanya menjadi bahan hiburan semata?
(bersambung)



Tulisan Terkait :


Best Quote Today:
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)

Jika Anda menyukai tulisan diatas jangan lupa untuk klik tombol suka untuk berbagi dengan teman facebook Anda. Anda juga bisa membagikan tulisan ini di twitter dan jejaring sosial lainnya. Berbagi itu indah.
 
Indonesian Super League 10/11|Indonesian Best Brand Image|Tanggapan FBC Atas PIPA dan SOPA|Operator Seluler Indonesia|Facebook Application
Guest Book FBC|Barter Link - Sahabat FBC| Profil dan Biodata | Kunci Gitar
Protected by CopyRights & Intelectual Property 2009-2012