Merek merupakan suatu ciri khas yang membedakan produk yang satu dengan yang lain. Dengan merek perusahaan dapat mempertahankan loyalitas pelanggannya. Dengan adanya merek masyarakat akan mudah mengenali produk apa yang di maksud. Brand image yang kuat merupakan tujuan utama produsen. Berikut ini ada beberapa merek yang sangat menancap dibenak masayarakat di Indonesia. Ibarat kata pepatah "sudah mendarah daging" . Seperti FBC kutip dari kolakaboy.us dan sebagian lagi tambahan sendiri berdasarkan fenomena yang ada di sekitar geografis tempat tinggal admin FBC. 23 Merek Paling Melekat di Hati Masyarakat tersebut adalah:
1. Aqua (air mineral)
AQUA |
2. Honda (sepeda motor)
Honda Supra X |
3. Sarimi (mie instant)
Sarimi Soto Koya Indofood |
4. Baygon (obat nyamuk)
Baygon |
Softex |
6. Chiki (snack makanan ringan)
Chiki |
Sanyo, begitulah masyarakat indonesia kebanyakan menyebut suatu alat yang berfungsi untuk menyedot dan memopa air itu, memang begitu adanya. Masyarakat Indonesia sudah mengganti nama pompa air dengan Sanyo. hal ini karna Sanyo adalah merk Pompa air pertama yang beredar di Indonesia.
8. Hansaplast (plester luka)Pompa Air Sanyo |
Dari sekian banyak merk Produk plester luka, sekarang hansaplasl-ah yang menjadi si nomor 1. Sebenarnya di awal 90-an handyplast berada di posisi ini. Namun karena waktu terus bergulir hansaplast yang datang belakangan menjadi merek paling melekat sekarang
Hnsaplast |
9. Glukol (lem kertas)
Hampir semua institusi dan individu mengggunakan lem ini. lem Glukol, begitulah namanya. Lem ini seakan telah sangat melekat di hati masyarakat Indonesia. dari sekian banyak produk lem kertas (yang biasanya berakhiran ol), merk glukol tetap menjadi pilihan utama, selain itu juga karna lem glukol ini adalah produk yang paling banyak dijual.
Glukol - Lem Kertas |
10. Pepsodent (pasta gigi).
Pepsodent merupakan salah satu merek pasta gigi yang ada di Indonesia. Pepsodent diluncurkan ke publik sekitar tahun 80-an. Inilah Iklan Pepsodent ini muncul pada tahun 80an, Bentuk odolnya pun masih bentuk lama . Dengan bahan seng,ukuran 46,5 x 31 cm. Media Iklan luar ruang dengan menggunakan seng mungkin sampai sekarang masih ada, tetapi tidak sebanyak dahulu karena sekarang lebih banyak menggunakan neon box berbahan plastik ataupun kain.
Pepsodent |
11.Odol ( Pasta Gigi)
Odol lebih melekat di hati masyarakat indonesia, bahkan lebih dalam dari pepsodent. Banyak yang tidak tahu ternyata odol itu sebuah merek yang merujuk pada produk pasta gigi.Walaupun merek ini sudah berpuluh-puluh tahun tidak lagi dijual di Indonesia, nama Odol telah menjadi nama generik. Odol pertama kali diproduksi di Jerman oleh Dresden chemical laboratory Lingner, yang sekarang dikenal sebagai Lingner Werke AG pada tahun 1892 sebagai cairan pencuci mulut/mouthwash. Odol moutwash pada tahun 1900 an adalah merk ternama dan yang paling luas penggunaannya di hampir seluruh daratan Eropa. Adalah Karl August Lingner yang pertama menciptakan Odol moutwash dan dia adalah orang yang giat mengkampanyekan Hidup Higienis. Dia juga dikenal sebagai orang pertama yang mengadakan International Hygiene Exhibition pada tahun 1911. Dia mendirikan musium The German Hygyene Museum di Dresden
Odel Med 3 |
12. Rinso (deterjen)
Rinso |
13. Silet (razor blade/pisau cukur)
Ternyata kata "silet" yang merujuk pada pisau cukur tipis yang terbuat dari baja dengan mata yang tajam didua sisinya berasal dari merek pisau cukur luar "Gillette" . Bahkan nama silet untk benda ini telah begitu melekat di hati masyarakat indonesia, ingat slogan salah satu program infotainment "....akan dikupas setajam silet...." :D
14. Tamiya (mobil balap mainan)
Nah sobat, produk mainan yang satu ini juga ikut bertengger dalam jajaran brand atau merek paling melekat dihati masyarakat terutama anak-anak. Setiap menyebut mobil-mobilan kecil yang mirip dengan mobile F1, digerakan dengan 2 batre untuk memutar dinamonya. Padahal merek untuk produk tersebut sekarang tidak cuma "Tamiya" hehe
15. Kodak (kamera)
Kodak merupakan salah satu merek kamera. Kebanyakan masayarakat menyebut kodak untuk merujuk pada sebuah kamere. Jika di sumatera barat pada awal 90-an lebih dalam lagi. Masyarakat disana menyebut "berfoto-foto" dengan " berkodak-kodak"
16. Pentium (komputer)
14. Tamiya (mobil balap mainan)
Tamiya |
15. Kodak (kamera)
Kodak merupakan salah satu merek kamera. Kebanyakan masayarakat menyebut kodak untuk merujuk pada sebuah kamere. Jika di sumatera barat pada awal 90-an lebih dalam lagi. Masyarakat disana menyebut "berfoto-foto" dengan " berkodak-kodak"
16. Pentium (komputer)
Ketika kita beli komputer atau punya komputer, kebanyakan orang nanya beli yang pentium berapa? komputer kamu pentium berapa? Pentium 'kan merek dari Intel Pentium. haha
17. Tipp-ex
Nah ini produk yang paling susah dibeli tanpa menyebutkan mereknya. Haha apa kita musti bilang ama pemilik toko mau eli corection pen? atau re-type? corection fluid? dijamin deh pemilik toko bakal kebingungan . Coba sebutkan tipp-ex, langsung keluarlah produk yang dimaksud.
17. Tipp-ex
Tipp-Ex |
18. Vespa (skuter)
Vespa merupak merek skuter alias scooter yang digunakan masyarakat di indonesia. Sebelum boomingnya skuter matik, vespa terlihat sebagai satu-satunya skuter yang biasa terlihat dijalan-jalan. Pokonya asal liat kendaraan seperti gambat dibawah ini orang bakal bilang itu vespa
19. STABILLO (hightlighter)
Vespa merupak merek skuter alias scooter yang digunakan masyarakat di indonesia. Sebelum boomingnya skuter matik, vespa terlihat sebagai satu-satunya skuter yang biasa terlihat dijalan-jalan. Pokonya asal liat kendaraan seperti gambat dibawah ini orang bakal bilang itu vespa
Vespa |
Stabillo merupakan salah satu merek produk highlighter atau pemberi tanda pada kata-kata tertentu pada sebuah tulisan sehinggan gampang mencarinya. Kebanyakan orang bilang "eehhh di-stabilo aja biar kelihatan poin-poinnya"
20. Bettadine
Bagi orang tua apa yang mereka pikirkan ketika anak mereka terjatuh dan luka? selain hansaplast dan juga handyplast(dulu awal 90-an). Merek yang bakal teringat adalah betadine. Karena betadine awalnya satu-satunya produk antiseptik yang beredar dipasaran.
Betadine |
21. Bohlam
Ternyata bohlam juga merupakan merek yang merujuk pada produk lampu pijar. Sebelum era hemat listrik bohlam sangat terkenal . Tak heran ibu-ibu ketika beli lampu pijar menyebutnya dengan "bohlam" . Tapi sekarang udah kalah pamor dengan lampu hemat energi seperti philips .
22.Astor
Astor juga ikut menjadi merek yang paling melekat dihati masyarakat. Untuk menyebut produk makanan yang mirip dengan astor sekalipun mereknya bukan astor maka kita akan suka rela menyebutnya astor
23. Swallow
Masih ingat dengan sandal yang satu ini? swallow merupakn salah satu merek sandal jepit karet. Di Sumbar, walaupun swallow tidak langsung merujuk pada sandal jepit merek swallow karena di sumbar lebih cendrung menyebut sandal jepit dengan "tarompa japang" alias sandal jepang. Entah kenapa bisa sandal jepang FBC juga tidak tahu pasti. Mungkin saja sandal ini biasa dipakai oleh tentara jepang ketika di Indonesia. Tapi ketika ditanya apa merek "tarompa japang (sandal jepang)" ? maka otomatis yang keluar adalah swallow.
Benar atau tidak merek-merek diatas melekat dihati anda, itu relatif dan sangat subjektif. Tapi merek di atas telah menjadi merek paling dikenal secara umum dan telah dijadikan sebagai sebutan untuk sebuah benda/produk, bukan lagi hanya sekedar merek.
Sumber: Dari kutipan dan modifikasi sesuai dengan pangamatan FBC untuk wilayah sumbar.
Ternyata bohlam juga merupakan merek yang merujuk pada produk lampu pijar. Sebelum era hemat listrik bohlam sangat terkenal . Tak heran ibu-ibu ketika beli lampu pijar menyebutnya dengan "bohlam" . Tapi sekarang udah kalah pamor dengan lampu hemat energi seperti philips .
Bohlam |
22.Astor
Astor |
Astor juga ikut menjadi merek yang paling melekat dihati masyarakat. Untuk menyebut produk makanan yang mirip dengan astor sekalipun mereknya bukan astor maka kita akan suka rela menyebutnya astor
23. Swallow
Swallow |
Benar atau tidak merek-merek diatas melekat dihati anda, itu relatif dan sangat subjektif. Tapi merek di atas telah menjadi merek paling dikenal secara umum dan telah dijadikan sebagai sebutan untuk sebuah benda/produk, bukan lagi hanya sekedar merek.
Sumber: Dari kutipan dan modifikasi sesuai dengan pangamatan FBC untuk wilayah sumbar.
Tulisan Terkait : |
|
Best Quote Today:
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)
Jika Anda menyukai tulisan diatas jangan lupa untuk klik tombol suka untuk berbagi dengan teman facebook Anda. Anda juga bisa membagikan tulisan ini di twitter dan jejaring sosial lainnya. Berbagi itu indah.