Desain Blog : Pilih Tampilan Atau Kinerja?

Apakah yang akan kamu pilih tampilan (view) atau kinerja (performance) ? Tentu saja idealnya kita akan memilih keduanya. Kita ingin blog kita tampil bagus dan menarik, dan memiliki kinerja yang bagus. Namun, dalam hidup ini keinginan tidak selalu sama dengan kenyataan, bukan?

Melihat kondisi sambungan internet di Indonesia yang banyak kita temui baik di warung-warung internet atau pun menggunakan modem sendiri dirumah, maka akan sangat sulit untuk membuat blog dengan tampilan dan kinerja yang baik sekaligus.

Postingan ini terinspirasi dari seorang teman di kampus yang bertanya seputar blog ini, dengan sedikit mengkritik dia bilang blog ini kurang menarik tampilannya. Memang saya akui blog ini tampilannya sederhana, tidak banyak pernak-pernik ataupun fitur-fitur menarik di dalamnya. Hal ini dikarenakan saat ini cara pandang saya yang sudah berubah, dahulu saya mengutamakan tampilan sekarang saya ingin mengutamakan kinerja blog ini.

Mengapa saya lebih memilih kinerja? selain tulisan yang berkualitas sebuah blog juga harus memiliki waktu loading yang cepat sehingga tidak membuat pembaca yang berasal dari mesin pencari tidak buru-buru pergi akibat blog lama loading-nya. Tentu saja waktu pembaca sangat berharga dari pada tampilan blog ini. Karena pembaca mengunjungi blog menurut saya bukan melihat tampilan (desain) sebuah blog melainkan ingin membaca apa yang tadi mereka cari melalui mesin pencari.

Saya merasakan bagaimana kesalnya pembaca menunggu lama untuk membuka sebuah blog, hal ini juga sering saya alami. Ujung-ujungnya ya, tekan tombol back di browser atau tekan tombol close.

Mengutamakan tampilan membuat kita harus memasukan beberapa gambar dan javascript kedalam html blog. Semakin kita ingin tampil menarik semakin banyak atau semakin besar ukuran script yang harus disematkan dalam html blog. Apalagi memasukan banyak gambar, bahkan lebih parahnya gambar ini memakan waktu yang lebih lama daripada javascript.

Blog yang berat tentu saja tidak bersahabat dengan kondisi rata-rata internet Indonesia. Jadi saya lebih memilih desain yang minimalis, sedikit javascript dan sedikit gambar.

Dengan tampilan sederhana ini, saya rasa blog ini akan memiliki kinerja yang bagus terutama dari segi waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman secara keseluruhan. Blog ini lancar dibuka dengan koneksi paling lambat sekalipun asalkan transfer data masih berjalan. Kalo macet sih mungkin memang lama. Saya sudah biasa membuka blog ini dan blog ringan lainnya dengan koneksi pas-pasan. Bahkan pada koneksi edge! semua teman yang pernah memakai kartu modem yang saya pakai sepakat bahwa ini (yang dulu mereka pakai dan yang sekarang saya pakai) kartu paling lambat, sehingga mereka tidak berlangganan lagi.

Sebenarnya bukan hanya pada operator seluler kartu yang saya pakai aja lambat, pada operator lainpun hampir sama apalagi pakai paket unlimited (paket ini paling banyak dipakai) leletnya minta ampuuuuun. Lelet hanya buat blog dan situs yang berat. Untuk membuka blog ringan seperti blog ini saya yakin dengan kartu paket unlimited yang speednya dibatasi blog ini tetap bisa terbuka. Dengan syarat halaman google.com bisa dengan lancar kamu buka.

Kalo google.com saja ga kebuka saya nyerah  hehe. Indikator yang saya gunakan adalah google.com karena google lebih memperhatikan waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman. Coba baca profil google kalo kurang yakin :D . Kalo ga salah ada kata ada kata-kata yang kiranya mengatakan waktu anda sangat berharga, kami ingin anda bisa cepat meninggalkan mesin pencari kami (alias ga berlama-lama karena menunggu loading).

Faktor loading ini lah salah satu prioritas google yang membuat google menjadi pesin pencari nomor satu dunia. Coba lihat tampilan halaman awal google.com, sederhana, bersih, dan simple.

Nah hal seperti itu juga yang ingin saya terapkan pada blog ini, pada awal April lalu saya memutuskan untuk mengganti template yang sarat dengan gambar dan javascript yang menarik. Saya memilih template dengan tema simple and clean dari blogger tune up. Seperti inilah tampilannya, sebetulnya lebih simple dan clean dari ini. Menjadi sedikit rame karena ada fitur wajib dan elemen wajib yang harus ada, namun tidak membebani waktu muat blog. Lagian fitur menarik belum tentu bermanfaat bagi pembaca.

Sekarang eranya desain simple, suara ini telah banyak di gemakan para blogger. Setujukah kamu ? jangan lupa berikan tanggapan melalui kolom komentar.



Tulisan Terkait :


Best Quote Today:
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)

Jika Anda menyukai tulisan diatas jangan lupa untuk klik tombol suka untuk berbagi dengan teman facebook Anda. Anda juga bisa membagikan tulisan ini di twitter dan jejaring sosial lainnya. Berbagi itu indah.
 
Indonesian Super League 10/11|Indonesian Best Brand Image|Tanggapan FBC Atas PIPA dan SOPA|Operator Seluler Indonesia|Facebook Application
Guest Book FBC|Barter Link - Sahabat FBC| Profil dan Biodata | Kunci Gitar
Protected by CopyRights & Intelectual Property 2009-2012