Kereta Api Wisata Kembali Merenggut Korban

Bebarapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 8 Januari 2012, Kecelakaan kereta api kembali terjadi di Padang. Kereta api wisata Sibinuang sarat penumpang jurusan Pariaman-Padang menggilas dua penumpangnya di depan SD Angkasa Tabing, sekitar pukul 16.00 WIB. Akibatnya, Deki Septriali, 13, warga Pegambiran tewas mengenaskan dan Qorri Tegar Maulana, 13, warga Parakgadang mengalami luka robek di kepala dan kaki patah.

Sungguh menggenaskan Deki tewas seketika karena kepalanya putus dari badan terlindas kereta api. Beruntung bagi Tegar, ia terpelanting dan masih bisa diselamatkan.

Seperti yang diberitakan padangekspress, sebelum kejadian Tegar dalam posisi duduk didepan pintu sementara Deki bergelayut. Diduga akibat kuatnya getaran, Deki terpeleset dan mencoba meraih tangan Tegar untuk memperoleh keseimbangan. Namun naas, keduanya malah terjatuh. Deki jatuh ke kolong kereta dan Tegar terpelanting.

Standar keselamatan kereta api wisata ini kembali harus dievaluasi, karena saya yang kebetulan kuliah di Padang selalu melihat pintu gerbong dalam keadaan terbuka.

Entah karena kereta api wisata kepenuhan atau memang keinginan si penumpang, selalu saja terlihat ada yang duduk dan berdiri di depan pintu. Tidak hanya anak-anak belasan tahun, malah saya pernah melihat ibu-ibu duduk di depan pintu tersebut.

Selain tidak tertutupnya pintu gerbong, yang harus diperhatikan adalah palang perlintasan atau tanda peringatan kerata api. Terutama untuk daerah sekitaran batas Kota Padang (Lubuk Buaya) sampai ke kecamatan batang anai. Seingat saya didaerah batang anai ini beberapa bulan yang lalu juga sudah memakan korban suami istri. Mereka mengendarai sepeda motor dan terlindas saat melintas.

Perlintasan masuk ke perumahan tempat tinggal saya juga tidak ada palang perlintasannya ataupun tanda peringatannya. Sehingga harus ekstra hati-hati dan harus hafal kapan kereta akan lewat.

Beberapa saran yang mungkin bermanfaat dari saya, semoga layak dipertimbangkan adalah:

  1. Sebaiknya pintu gerbong itu ditutup sebelum kereta berangkat. Sehingga tidak ada lagi yang duduk dan berdiri di depan pintu.
  2. Palang perlintasan  atau tanda peringatan juga harus diperhatikan untuk setiap persimpangan jangan sampai kejadian yang sama terulang-lagi.



Tulisan Terkait :


Best Quote Today:
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)

Jika Anda menyukai tulisan diatas jangan lupa untuk klik tombol suka untuk berbagi dengan teman facebook Anda. Anda juga bisa membagikan tulisan ini di twitter dan jejaring sosial lainnya. Berbagi itu indah.
 
Indonesian Super League 10/11|Indonesian Best Brand Image|Tanggapan FBC Atas PIPA dan SOPA|Operator Seluler Indonesia|Facebook Application
Guest Book FBC|Barter Link - Sahabat FBC| Profil dan Biodata | Kunci Gitar
Protected by CopyRights & Intelectual Property 2009-2012