Kami Juga Punya PSP Padang 1928

Bicara sejarah sepakbola, sebenarnya Sumatera Barat tidak hanya mengirimkan Semen Padang FC di level tertinggi sepakbola nasional. Saat masih jaman Divisi Utama ada PSP Padang.

Mengenai judul diatas jangan salah sangka dulu, tim ini tidak sedang dalam perpecahan sehingga menambah embel-embel 1928 dibelakangnya. Angka 1928 pada judul hanyalah sebagai penegasan tahun berdirinya. Bukan seperti klub-klub yang hangat saat ini.

PSP didirikan pada tahun 1928 ini mendapat kesempatan tampil di Divisi Utama setelah pada musim sebelumnya menjuarai Divisi 1 Liga Indonesia. Persatuan Sepakbola Padang pertama kali mencicipi persaingan kasta tertinggi sepakbola tanah air pada musim kompetisi 1996-1997 saat masih bernama Divisi Utama dan babak penyisihan dibagi dalam 3 wilayah.

Ini artinya ada dua wakil Sumatera barat kala itu PSSP (Persatuan Sepakbola Semen Padang (Sekarang SPFC:Semen Padang FC) dan PSP (Persatuan Sepakbola Kota Padang)

Namun sangat disayangkan, kiprah PSP Padang di Divisi Utama tidak bertahan terlalu lama. Tim Pandeka Minang kembali degradasi ke Divisi 1 Liga Indonesia pada tahun 2001 setelah pada klasemen akhir hanya menempati peringkat ke 13 penyisihan wilayah barat dari 14 Peserta. Tahun berikutnya PSP kembali terpuruk dengan degradasi ke Divisi 2, kontras sekali dengan Semen Padang yang berhasil meraih juara ketiga Divisi Utama.

Selama 3 musim PSP bertarung di Divisi 2 hingga pada tahun 2005 kembali promosi ke Divisi 1 dan sampai musim 2010/11 masih bekutat disana. Tahun ini dengan adanya reset kompetisi yang dilakukan oleh PSSI, PSP Padang mendapatkan satu slot di Divisi Utama yang saat ini menjadi level kedua liga sepakbola profesional Indonesia. “Hadiah” ini diberikan kepada PSP karena keseriusan manajemen PT. PSP Padang Minang Mandiri menjadikan klub “plat merah” milik Pemko Padang menjadi klub profesional yang tidak lagi menggunakan APBD sebagai biaya operasional mereka mulai musim ini.

Semoga dengan pengelolaan yang lebih profesional PSP Padang bisa kembali naik ke kasta tertinggi sepakbola Indonesia yang saat ini bernama Indonesian Premier League(IPL) atau Liga Primer Indonesia (LPI)



Tulisan Terkait :


Best Quote Today:
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)

Jika Anda menyukai tulisan diatas jangan lupa untuk klik tombol suka untuk berbagi dengan teman facebook Anda. Anda juga bisa membagikan tulisan ini di twitter dan jejaring sosial lainnya. Berbagi itu indah.
 
Indonesian Super League 10/11|Indonesian Best Brand Image|Tanggapan FBC Atas PIPA dan SOPA|Operator Seluler Indonesia|Facebook Application
Guest Book FBC|Barter Link - Sahabat FBC| Profil dan Biodata | Kunci Gitar
Protected by CopyRights & Intelectual Property 2009-2012