Konservasi Sumber Daya Air Untuk Masa Depan Lebih Baik

Kita tentu saja sering mendengar kata "konservasi", baik itu di televisi, internet, koran, dan radio. Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu apa itu "konservasi". Nah, bagi yang belum tahu ini ada kutipan tentang apa itu konservasi dari wikipedia berbahasa Indonesia.

Konservasi adalah upaya yang dilakukan manusia untuk melestarikan atau melindungi alam [1]
Salah satu sumber daya yang harus di lestarikan dan dilindungi adalah sumber daya air. Tentu saja sumber daya air disini adalah air bersih. Air adalah penunjang kehidupan utama selain oksigen.  Tubuh manusia 80% terdiri atas air. Air didalam darah sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, selain itu air juga berfungsi untuk mengelurkan zat berbahaya dan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.  Mungkin dapat Anda bayangkan apa yang akan terjadi jika persediaan air telah menipis, bagaimana kelangsungan manusia dimasa depan?

Penduduk dunia tahun 2011 ini telah mencapai angka 7 miliar jiwa (kompas.com), sementara di Indonesia jumlah penduduk mencapai 241 juta jiwa lebih [2]. Sesuai saran hidup sehat dari dokter setiap manusia mengkonsumsi minimal 2 liter air bersih perhari. Artinya kebutuhan air bersih dunia sekitar 14 miliar liter perhari. Angka kebutuhan air bersih ini semakin meningkat setiap tahunnya mengikuti laju pertumbuhan penduduk. Kebutuhanini baru untuk minum saja, bagaimana dengan mandi, cuci tangan, memasak, dan mencuci pakaian ? tentu kebutuhan air bersih akan sangat besar lagi.


Jumlah permintaan air bersih yang terus menanjak setiap tahun, sementara produksi air bersih terkendala bahan baku air bersih baik itu dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Sumber daya air adalah sumber daya alam yang dapat terbarukan. Banyak kalangan memprediksi akan terjadi keadaan dimana kebutuhan air lebih banyak dari persedian. Hal ini tentu saja tidak kita inginkan. Diperlukan kesadaran kita untuk mulai melestarikan sumber daya air ini.


Ini dia upaya yang dapat kita lakukan dalam konservasi sumber daya air:
  1. Hindari tindakan yang dapat merusak tanah. Setiap perlakuan yang kita diberikan pada sebidang tanah akan mempengaruhi tata air, dan usaha untuk mengkonservasi tanah juga merupakan konservasi air[3].
  2. Jangan membuang sampah sembarangan.
  3. Dukung program pemerintah dalam melakuakn reboisasi.
  4. Menjaga lingkungan rumah agar selalu hijau dan asri. Sehingga saat hujan paling tidak pekarangan kita bisa menyumbang sebagai daerah resapan air.
  5. Tidak mengotori air dengan limbah berbahaya.
  6. Menghemat pemakaian air bersih. Sehingga produksi air bersih tidak terbuang sia-sia dan bisa disalurkan kedaerah lain yang kekurangan air bersih
  7. Membuat bendungan atau tempat penampungan air. Sehingga saat hujan tidak terjadi banjir dan saat musim kemarau tidak terjadi kekeringan. Saat terjadi kekurangan air bersih air yang kita tampung ini dapat di olah menjadi air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Banyak lagi usaha yang dapat kita lakukan dalam konservasi air bersih. Tentu saja semuanya harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Jika sudah memulai dari diri sendiri maka kita dapat memberikan contoh yang baik buat keluarga, dan orang terdekat dilingkungan kita. Betapa dahsyatnya apabila setiap manusia mempunyai kesadaran yang baik untuk melestarikan sumbar daya air. Dengan harapan tidak akan terjadi lagi kesulitan air bersih dibeberapa tempat dibelahan dunia ini.

Referensi:
[1]Wikipedia Berbahasa Indonesia
[2]Kompas.com
[3]uwityangyoyo.wordpress.com/2009/05/04/usahatani-konservasi-untuk-pelestarian-sumberdaya-alam/

Konservasi Sumber Daya Air di Mata Blogger
_________________________________________________________________________
Perhatian : Tulisan ini diikutkan dalam Blog Writing Competition dengan Tema "Konservasi Sumber Daya Air di Mata Blogger yang disponsori oleh Aqua dan dagdigdug mohon jangan di kopi, Terimakasih.
_________________________________________________________________________



Tulisan Terkait :


Best Quote Today:
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)

Jika Anda menyukai tulisan diatas jangan lupa untuk klik tombol suka untuk berbagi dengan teman facebook Anda. Anda juga bisa membagikan tulisan ini di twitter dan jejaring sosial lainnya. Berbagi itu indah.
 
Indonesian Super League 10/11|Indonesian Best Brand Image|Tanggapan FBC Atas PIPA dan SOPA|Operator Seluler Indonesia|Facebook Application
Guest Book FBC|Barter Link - Sahabat FBC| Profil dan Biodata | Kunci Gitar
Protected by CopyRights & Intelectual Property 2009-2012