John Heitinga Ternyata Keturunan Indonesia ?

Dugaan pencinta sepakbola Indonesia tentang Johnny Heitinga ternyata benar. Bek tangguh timnas Belanda dan Everton FC itu membenarkan dirinya keturunan Indonesia.

John Heitinga menyampaikan kepada Radio Nederland bahwa dirinya benar punya darah Indonesia. "Ayah saya benar berasal dari Indonesia. Dan lahir di Jakarta." Jawaban ini menghapuskan segala keraguan dan simpang siur tentang status keturunan pemain nasional Belanda yang aktif di Everton FC Inggris itu.



Belitung-Jakarta


Ronald Heitinga, paman Johnny dalam bincang telepon dengan Radio Nederland membenarkan ke-Indonesiaan ini. Gijsbert Johannes Heitinga kakek John berasal dari Pulau Belitung. Rob ayah John lahir di Jakarta. Keluarga besar Heitinga hijrah ke Belanda akhir tahun 1950an. "Kami enam bersaudara semuanya laki-laki. Empat lahir di Jakarta dan dua di Belanda. Kami pindah ke Belanda tahun 1959."




Ingin ke Indonesia


John adalah satu-satunya, keturunan ke tiga Heitinga yang menjadi pemain sepak bola. John Gijsbert Alan Heitinga itu menyadari dirinya tidak bisa bahasa Indonesia tapi secara bathin punya hubungan dengan negara kelahiran ayahnya, Rob. "Saya kadang mengikuti perkembangan sepakbola Indonesia, publik di sana sangat antusias sekali ya," tuturnya kepada Radio Nederland.


Defender kelahiran 15 November 1983 itu mengatakan dapat masukan dari keluarga dan juga info tentang sepakbola Indonesia dari Giovanni van Bronckhorst yang tahun ini baru melawat ke Indonesia. Tampaknya latar belakang garis keturunan dan perkembangan sepakbola Indonesia mendorong pria kelahiran Alphen aan den Rijn itu untuk mengunjungi tanah leluhur.



Awal tahun 2011 kakeknya Joop Heitinga sempat berkunjung ke Indonesia bersama putra bungsunya Andy. Mereka mendapat kesan sangat baik tentang Indonesia. Andy menuliskan perjalanan di website biro perjalanan. "Sayang sekali pemandu wisata ke Bandung kurang mengenal tempat-tempat zaman Hindia Belanda. Buat ayah saya (Joop) juga sulit mengenali kembali tempat-tempat lama, karena sudah berubah setelah 53 tahun. Tapi kami sangat puas..."



Musim Dingin


Sementara bagi John, kunjungan ke Indonesia menjadi yang pertama kali. Ayah dua anak yang akrab dipanggil "Jhonny" ini kepada RNW mengatakan akan secepatnya berkunjung ke Indonesia. "Saya akan ke Indonesia dalam waktu dekat ini." Ia masih akan melihat celah di tengah kesibukan timnas Oranje dan kompetisi Inggris. Kemungkinan pada akhir tahun, saat jeda kompetisi musim dingin Eropa.



Tulisan Terkait :


Best Quote Today:
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)

Jika Anda menyukai tulisan diatas jangan lupa untuk klik tombol suka untuk berbagi dengan teman facebook Anda. Anda juga bisa membagikan tulisan ini di twitter dan jejaring sosial lainnya. Berbagi itu indah.
 
Indonesian Super League 10/11|Indonesian Best Brand Image|Tanggapan FBC Atas PIPA dan SOPA|Operator Seluler Indonesia|Facebook Application
Guest Book FBC|Barter Link - Sahabat FBC| Profil dan Biodata | Kunci Gitar
Protected by CopyRights & Intelectual Property 2009-2012