Hegemoni Kerajaan Brunei di Pulau Borneo

Anda tentu sudah tahu bahwa sebutan Borneo adalah untuk Pulau Kalimantan. Saat ini Pulau Kalimantan tebagi dalam 3 negara, Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Sebutan borneo untuk Pulau Kalimantan ini telah melekat sejak dahulu jauh sebelum Indonesia merdeka.


Julukan Borneo ini telah melekat sejak abad ke-15 M. Ada yang menyebutkan asal kata borneo itu berasal dari nama sebuah pohon Borneol (bahasa Latin: Dryobalanops camphora)yang mengandung (C10H17.OH) terpetin, bahan untuk antiseptik atau dipergunakan untuk minyak wangi dan kamper, kayu kamper yang banyak tumbuh di Kalimantan.


Saat kedatangan bangsa Eropa ke Pulau ini, nama Brunai-lah yang sengaja disebut mereka dengan Borneo. Julukan ini semakin menyebar keseluruh penjuru dunia karena pesatnya perdagangan di Kerajaan Brunei saat itu. Nama Borneo diidentikan dengan Kerajaan Brunei oleh para pedagang dari Eropa, Arab, dan China karena Kerajaan Brunei merupakan kerjaan terbesar saat itu di Pulau Kalimantan


Nama Kalimantan dipakai oleh Kerajaan Banjar, hingga di Indonesa nama pulau itu di kenal dengan Pulau Kalimantan. Namun apabila ada yang menyebut "Borneo" maka semua orang akan tahu pulau apa yang dimaksud.



Tulisan Terkait :


Best Quote Today:
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)

Jika Anda menyukai tulisan diatas jangan lupa untuk klik tombol suka untuk berbagi dengan teman facebook Anda. Anda juga bisa membagikan tulisan ini di twitter dan jejaring sosial lainnya. Berbagi itu indah.
 
Indonesian Super League 10/11|Indonesian Best Brand Image|Tanggapan FBC Atas PIPA dan SOPA|Operator Seluler Indonesia|Facebook Application
Guest Book FBC|Barter Link - Sahabat FBC| Profil dan Biodata | Kunci Gitar
Protected by CopyRights & Intelectual Property 2009-2012