Blogspot Mobile View? (Mobile Version)

Selama ini kita mengetahui bahwa blogspot tidak tersedia fitur mobile version-nya seperti wordpress. Jika ada pembaca yang membuka blog atau situs dengan platform wordpress dari ponsel maka otomatis akan terbuka mobile version. Sementara di blogger.com (Blogspot.com) tidak bisa langsung berubah ke versi mobile.


Untuk bisa seperti wordpress maka kita dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti dari http://bloggertouch.sopili.net/. Namun, sangat disayangkan sama seperti aplikasi mobile version untuk blogspot yang lain. Mereka memanfaatkan Rss/feed blog kita, pada saat di akses melalui ponsel (seperti dari http://bloggertouch.sopili.net/) maka otomatis akan terbuka mobile version-nya. Baik membuka langsung dengan mengetik alamat maupun datang dari mesin pencari. Terlihat bagus memang.

Namun, jika dilihat yang terbuka pada saat akses via ponsel bukanlah blog (termasuk url) yang sesungguhnya. Melainkan hanya feed (baca:isi posting) blog kita saja yang terlihat dengan telah memakai url lain (dari penyedia aplikasi).

Seperti, pada versi mobile blog ini http://bloggertouch.appspot.com/fabrie (url-nya bukan lagi http://fabrie.blogspot.com ). Tentu saja kita kehilangan trafik dari pengguna ponsel.

Sebenarnya ada alternatif lain walaupun tidak otomatis seperi yang telah dijelaskan diatas, namun memakai url asli dari blog kita. Namun, harus ditambahkan ?m=1 di belakang url blog kita.

misalnya http://fabrie.blogspot.com/?m=1
atau pada halaman posting : http://fabrie.blogspot.com/2011/05/akun-lama-bloggercom-akan-ditutup-juni.html?m=1

Hanya saja sangat disayangkan kita harus menambahkannya secara manual. Seandainya ada cara otomatis seperti dari bloggertouch.sopili.net yang pengalihan ke versi mobile-nya. Tentu saja  pengalihannya ke url yang sesungguhnya (seperti wordpress) bukan ke url lain (baca: abal-abal). Jika ada yang tahu silahkan share disini :D



Tulisan Terkait :


Best Quote Today:
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)

Jika Anda menyukai tulisan diatas jangan lupa untuk klik tombol suka untuk berbagi dengan teman facebook Anda. Anda juga bisa membagikan tulisan ini di twitter dan jejaring sosial lainnya. Berbagi itu indah.
 
Indonesian Super League 10/11|Indonesian Best Brand Image|Tanggapan FBC Atas PIPA dan SOPA|Operator Seluler Indonesia|Facebook Application
Guest Book FBC|Barter Link - Sahabat FBC| Profil dan Biodata | Kunci Gitar
Protected by CopyRights & Intelectual Property 2009-2012