Robot Inipun Mengajar di Kelas

Engkey, sebuah robot yang dikembangkan oleh Korea Institute of Science of Technology (KIST), sudah mulai mengajar di 21 sekolah dasar di selatan kota Daegu, Korea-Selatan.

29 robot, yang memiliki tinggi satu meter dengan sebuah panel TV display untuk bagian mukanya, berjalan mengelilingi ruangan ketika berbicara dengan para murid, membacakan buku untuk mereka dan berdansa mengikuti alunan musik dengan menggerakan kepala dan lengan mereka. Demikian seperti yang dikutip dari Physorg, Selasa (28/12/2010).

Robot tersebut menampilkan avatar seorang wanita pada layar display-nya, dikendalikan menggunakan remote kontrol oleh guru bahasa Inggris di Filipina, yang bisa melihat dan mendengar muridnya.

"Kamera mendeteksi ekspresi wajah guru yang berada di Filipina, dan komputer secara instan merefleksikan wajah avatar-nya pada layar display di robot tersebut," ujar Sagong-Dae, ilmuwan senior di KIST.

"Anak-anak nampaknya menyukai tampilan dari robot tersebut. Akan tetapi beberapa orang dewasa mengaku merasa canggung apabila mereka berbicara dengan robot," ujar Kim Mi-Young dari kantor pendidikan kota Daegu.

Kim mengatakan bahwa robot-robot tersebut masih dalam tahap uji coba. Akan tetapi pihak berwenang mengatakan bahwa mereka akan terus memakai robot-robot tersebut, apabila para ilmuwan membuat pengoperasian robot Engkey menjadi lebih mudah dan murah.

Proyek uji coba robot tersebut disponsori oleh pemerintah Korsel, yang mana menginvestasikan dana sebesar 1,58 miliar Won atau sekira USD1,37 miliar.

Sejak tahun 2009, ilmuwan di Korsel telah menggelar program ujicoba untuk mengembangkan robot yang bisa mengajarkan bahasa Inggris, matematika, sains, dan lain-lain.



Tulisan Terkait :


Best Quote Today:
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)

Jika Anda menyukai tulisan diatas jangan lupa untuk klik tombol suka untuk berbagi dengan teman facebook Anda. Anda juga bisa membagikan tulisan ini di twitter dan jejaring sosial lainnya. Berbagi itu indah.
 
Indonesian Super League 10/11|Indonesian Best Brand Image|Tanggapan FBC Atas PIPA dan SOPA|Operator Seluler Indonesia|Facebook Application
Guest Book FBC|Barter Link - Sahabat FBC| Profil dan Biodata | Kunci Gitar
Protected by CopyRights & Intelectual Property 2009-2012